5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Entertainmensee.blogspot.com. Bandar  Lampung 30 mei 2023.
Penulis: feriyanti

Trend kasus kovid 19 meningkat hingga 31% dalam beberapa pekan terakhir. Epidemiollog singgung kebijakan lepas masker diruang publik cukup beresiko. Epidemiolog dari griffits universitas  australia,dikky budiman mengatakan dari kondisi lonjakan kasus lagi seperti ini harusnya pemerintah indonesia tidak boleh lupa kalau kita tidak boleh lepas dari situasi global.

Situasi global yang dimaksud ialah kondisi kovid 19 yang masih berstatus pandemi,sehingga kebijakan kebijakan yang bisa diterapkan atau perlu dikeluarkan harusnya selaras dengan situasi global dan target kendalinya kasus infeksi baru covid 19 sampai pandemi dinyatakan benar benar berakhir.

Menyikapi hal diatas,tentu saja salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari hal tersebut yaitu dengan terus menjaga kesehatan tubuh. Selain keluarga harta yang paling berharga adalah kesehatan. Bayangkan berapa banyak biaya yang harus kamu keluarkan jika kamu terserang penyakit. Mahal bukan? Maka dari itu menjaga kesehatan adalah wajib hukumnya untuk terhindar dari berbagai macam penyakit.

Menjalankan pola hidup sehat adalah dasar dari menjaga agar tubuh tetap fit. Apalagi sampai saat ini dunia masih berjuang melawan virus korona,bahkan para ahli pun masih meneliti cara menaklukan virus ini.

Apa yang harus kamu lakukan???
Yaitu tetap menjaga kesehatan dan ikuti protokol kesehatan.

Berikut 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

  1.  Makan makanan yang bergizi, sejak dini kita sudah dikenalkan pola makan epat sehat lima sempurna. Jadi pastikan tubuh kamu selalu menerima asupan nutrisi yang seimbang,kamu bisa konsumsi daging,susu,telur,atau ikan sebagai sumber protein dan karbohidrat dari nasi,kentang,oat atau roti gandum untuk memberikan kamu energi. Jangan lupa selalu konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat prebiotik,vitamin,mineral serta berbagai anti oksidan.
  2. Olahraga rutin, selain makan makanan yang bergizi,kamu juga perlu rajin olahraga agar tubuh tetap aktif,sehat ideal dan bugar. Olahraga juga dapat mencegah berbagai macam penyakit dan mengurangi stres,biasanya luangkan waktu setiap harinya selama 20-30 menit untuk menggerakkan tubuhmu. Tak perlu yang berat,kamu bisa hanya berjalan kaki atau pilih jenis olahraga lainnya yang kamu sukai.
  3. Perbanyak Minum Air Putih, boba dan kopi kopi kekinian memang selalu membuat kita tergoda. Tapi,jangan lupa untuk memperhatikan asupan air putih juga,karena dengan tercukupinya air dalam tubuh,fungsi organ kita pun akan berfungsi dengan maksimal. Sesuaikan kebutuhan cairan ini dengan berat tubbuh dan intensitas kegiatan kamu,jika kamu banyak beraktifitas tentu kamu perlu mengonsumsi air putih lebih banyak.
  4. Kelola Tidur Dengan Baik, jangan pernah meremehkan tidur,karna manfaat sangat besar bagi tubuh kamu. Tidur jadi kunci bagi kekebalan tubuh yang kuat,meningkatkan daya ingat dan bisa menjadi pengendali nafsu makan. Untuk orang dewasa,kamu perlu tidur minimal 8 jam setiap hari. Orang yang tidurnya kurang dari 6 jam setiap hari akan lebih mudah terserang flu 4 kali lebih rentan,jadi mulailah pertimbangkan dengan baik pengelolaan tidurmu.
  5. Mengelola Stress, empat kegiatan diatas sudah kamu lakukan dengan baik dan rutin,namun kamu sering pusing dan banyak pikiran?? hati hati stress malah membuatmu mudah terserang penyakit. Stress sudah terbukti dapat mengganggu sistem imun tubuh,orang yang stress dapat mengurangi hormon kortisol yang bisa melawan peradangan dan penyakit.

Demikian tips dari kami semoga bermanfaat,dan dapat membantu sobat untuk hidup menjadi lebih sehat....

Baca juga :















No comments: