Gibran Sebut Nasi Bisa Diganti Mie Untuk Makan Bergizi Gratis - Begini Komentar Dokter Gizi


Gibran Sebut Nasi Bisa Diganti Mie Untuk Makan Bergizi Gratis - Begini Komentar Dokter Gizi

entertainmensee.blogspot.com, 06 agustus 2024, 16:59 

Wakil presiden terpilih Gibran rakabuming raka mengatakan bahwa nasi bisa diganti dengan sumber karbohidrat lain,seperti mie atau olahan jagung untuk menu makan bergizi gratis.

Sebelumnya pemanfaatan nasi jagung sempat disinggung oleh mentri kordinator bidang pembangunan dan kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir effendy

"ya disetiap daerah beda beda ya menunya,mungkin tidak semua nasi,tidak harus setiap hari nasi,mungkin ada mie,ada jagung enggak apa apa,enggak masalah,"kata gibran usai memantau uji coba makan bergizi gratis di  SDN 4 Tanggerang banten.

Menanggapi hal ini,dokter spesialist gizi klinis Dr.Inge Permadi MS, SpGk menjelaskan, penggunaan sumber karbohidrat selain nasi boleh saja dilakukan,asalkan dilengkapi dengan lauk pauk,sayur dan buah buahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak.

"kalau untuk menggunakan mie atau jagung sebagai nasi boleh boleh saja ya, yang terpenting itu protein,lemak,karbohidrat, dan nutrisi lainnya ada secara seimbang pada menu makan siang yang bergizi itu," ucap dokter inge dalam perbincangannya ,Senin (5/08/2024)

Inge menambahan,selain mie dan jagung,bisa juga memanfaatkan misoa,bihun,ketela,atau kentang.
Bihun itu terbuat dari tepung beras, ada juga mie yang komposisinya tidak hanya tepung terigu,tapi juga diperkaya dengan telur,boleh juga dengan spaghety (pasta) yang dilengkapi dengan protein dan sayur jelas Dr inge

dokter gizi yang berpraktik di MRCC Siloam Hospital Semanggi itu menjelaskan bahwa tidak semua anak itu bisa mengkonsumsi nasi utuh. ada anak dengan kondisi tertentu misalnya picky eater atau kesulitan makan nasi utuh,dengan adanya pilihan selain nasi, semua anak bisa mendapatkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi tubuh.

menggunakan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat dalam program makan bergizi gratis,menurut inge juga baik dalam menyesuaikan kondisi,seperti kenaikan harga beras. Memberikan sarana untuk mengenalkan makanan pokok dari daerah lain,sebagai contoh papeda atau bubur sagu yang merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat papua dan maluku.


Berita Terpopuler
















No comments: